Monday, 5 November 2012

Cara Mendaftar BRI


Tulisan ini menarik ane buat semenjak sering muncul pertanyaan pada beberapa orang.
Ask : mas masuk BRI itu syaratnya bagaimana sih?
Ask : mas masuk BRI itu bayar berapa?

Dari pertanyaan kedua itu yg membuat ane agak sedikit kesal. Jadi pandangan masyarakat tentang BRI itu adalah hanya untuk orang-orang yang mampu bayar kali yak. Lepas dari itu, sebenarnya tidak ada sepeserpun biaya yg dipungut oleh pihak BRI kepada calon pegawainya. Jadi kalau ada calon pegawai yg dimintai duid dengan embel-embel akan pasti masuk di BRI itu SALAH!!! Jelas itu orang menyalahi wewenang management BRI. Ketika ane masuk BRI dulu tepatnya 18 Maret 2011. Memang ada penyuluhan “jika ada yang diterima di BRI dengan cara membayar, maka sebutkan orangnya dan akan dikembalikan uangnya”.

Ane tegaskan BRI tidak memungut biaya sepeserpun kepada anda calon pelamar pekerjaan!! 

Nah untuk pertanyaan yang pertama, syarat masuk BRI itu apa sih? Banyak juga teman-teman ane yang menanyakan hal tersebut, jadi pada intinya kalau masuk BRI itu ada tiga tipe.
1. langsung pegawai tetap
2. kontrak dengan BRI
3. kontrak / outsourch

Nah mari kita bahas satu persatu.

1. Jika anda ingin masuk BRI sebagai pegawai tetap langsung, dalam hal ini anda fresh graduate lulusan sarjana s1 boleh s2 lebih boleh. Disini daftarlah sebagai Program Pengembangan Staff (PPS) Jika anda ingin mendaftar PPS maka siapkanlah berkas-berkas anda atau lebih lengkapnya di alamat http://www.bri.co.id/career. Perlu diperhatikan anda harus berani mengambil keputusan untuk berani ditempatkan diseluruh unit kerja di wilayah Indonesia, nah bisa kebayang kan jika anda ditempatkan di aceh? Atau di papua? Xixixixi... nikmatilah gann.
Menurut ane, kalau anda bukan lulusan UGM dan kemampuannya tidak menonjol di kampus mending mundur aja hahaha. Karena saingannya ngga kukut gaaaannn... 

2. Kontrak dengan BRI, jika anda ingin mendaftar untuk menjadi pegawai kontrak dengan BRI. Maka anda harus minimal kerja menjadi outsorch selama minimal 1th di BRI. Atau anda daftar langsung dengan jobdesk Mantri (Account Officer Micro Bisnis) atau job desk Funding Officer (FO). Bukan frontliner lho gan.. nah untuk kontrak dengan BRI ini penempatannya agak mendingan gan, mencakup se Kantor Wilayah BRI Yogyakarta. Nah di Kantor Wilayah BRI Yogyakarta ini membawahi 33 Cabang antara lain : 
  1. Ajibarang
  2. Banjarnegara
  3. Bantul
  4. Boyolali
  5. Cilacap
  6. Gombong
  7. Karanganyar
  8. Kebumen
  9. Klaten
  10. Kutoarjo
  11. Magelang
  12. Majenang
  13. Muntilan
  14. Parakan
  15. Purbalingga
  16. Purwokerto
  17. Purworejo
  18. Sleman
  19. Solo Baru
  20. Solo Kartasura
  21. Solo Slamet Riyadi
  22. Solo Sudirman
  23. Sragen
  24. Sukoharjo
  25. Temanggung
  26. Wates
  27. Wonogiri
  28. Wonosari
  29. Wonosobo
  30. Yogyakarta Adisucipto
  31. Yogyakarta Cik Ditiro
  32. Yogyakarta Katamso
  33. Yogyakarta Mlati
Nah jadi siap-siap untuk penempatan di Cabang tersebut.

3. Jika anda ingin mendaftar BRI dan cepat diterima, daftarlah cara yang ini. Disini lebih mudah masuknya karena ..... lanjut besok ya, lagi sibuk hahaha

1 comment:

Anonymous said...

kalo udah keluar kerja dari bri terus mau masuk bri lagi bisa??